Contoh Isi Makalah Sesuai Aturan PPKI UM

Posted by Charis Muhammad Jumat, 07 Desember 2012 0 komentar


PENDAHULUAN

            Mesin adalah sebuah komponen utama dari sebuah kendaraan modern, mesin juga merupakan alat penggerak dari sebuah alat transportasi modern. Mesin juga merupakan pembeda kendaraan tradisional dan kendaraan modern. Apabila diibaratkan manusia, mesin merupakan nyawa dari sebuah transportasi.
1.1  Latar Belakang
Makalah ini dibuat karena banyak para pengguna kendaraan bermotor khusunya mobil tidak mengetahui bagaimana mesin kendaraan yang dimilikinya (Mesin bensin atau mesin diesel) bekerja dan apa kekurangan serta kelebihan dari kendaraan terutama mesin yang dimilikinya. Selain itu topik ini juga banyak diketahui oleh orang awam tapi tidak banyak dimengerti dan difahami.
1.2  Rumusan Masalah
Ada banyak pertanyaan yang timbul saat kita mendengar kata “Mesin Bensin dan Mesin Diesel”, dan didalam makalah ini ada beberapa pertanyaan yang akan di jawab diantaranya :
1.      Apa perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel ?
2.      Kekurangan dan kelebihan Mesin Bensin dan Mesin Diesel ?
3.      Teknologi terkini yang dapat diterapkan dalam Mesin Bensin dan Mesin Diesel ?
1.3  Tujuan
Penulis dalam menuliskan makalah ini memiliki beberapa tujuan diantaranya :
1.      Membantu pemabaca untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari Mesin Bensin dan Mesin Diesel
2.      Membantu pembaca untuk mengetahui bagaimana mesin bensin dan mesin diesel bekerja
3.      Untuk mengetahui teknologi apa yang ada pada sistem mesin bensin dan sistem mesin diesel
  
PEMBAHASAN
      Mesin merupakan komponen utama dalam sebuah kendaraan, mesin juga merupakan alat penggerak yang dapat membuat sebuah kendaraan bergerak dan berjalan. Tetapi dalam bergerak atau beroprasi mesin memerlukan bahan bakar untuk menggerakkan kendaraan, tanpa bahan bakar mesin bukanlah apa-apa dan tidak akan bisa menyala dan menggerakkan kendaraan. Bila dipandang dari segi bahan bakar, mesin ada beberapa macam diantaranya ada mesin berbahan bakar bensin, mesin berbahan bakar solar (minyak diesel), mesin berbahan bakar gas (BBG), mesin berbahan bakar listrik (Electric) bahkan ada mesin berbahan bakar hidrogen (air).
      Namun dalam makalah ini tidak sepenuhnya membahas semua macam mesin dipandang dari bahan bakar yang digunakan. Melainkan hanya membahas mesin berbahan bakar bensin (selanjutnya disebut mesin bensin), mesin berbahan bakar solar (selanjutnya disebut mesin diesel) dan sedikit mengulas tentang teknologi mesin berbahan bakar hidrogen (air).
2.1 Perbedaan mesin bensin dan mesin diesel
            2.1.1 Mesin bensin
Mesin bensin merupakan sebuah mesin konvensional yang menggunakan bahan bakar bensin atau bahan bakar kimia hidrocarbon yang berasal dari fosil-fosil purba yang memiliki bilangan oktan sedang (tidak tinggi dan rendah).
menurut  liektoyota.com (2012) “
Mesin mobil bensin terdiri dari Valve, Plug/Busi, dan Injector”. Valve atau sering kali disebut klep berfungsi untuk mengontrol banyak jumlahnya bahan bakar dan campurannya yang akan masuk ruang pembakaran. Plug/Busi merupakan komponen yang berfungsi sebagai sumber pengapian karena plug/busi saat beroprasi menghasilkan listrik/api, sedangkan injector berfungsi untuk menginjek atau memasukkan bahan bakar yang telah bercampur dengan udara dan dalam bentuk kabut kedalam intake manifold dan selanjutnya akan diteruskan ke ruang pembakaran. Injector juga merupakan pembeda dari mesin bensin dan mesin diesel, sesuai dengan pendapat liektoyota.com (2012) “Ini yang membedakan karakter mesin bensin dengan mesin diesel”, dalam hal ini yang dimaksud “ini” adalah injector  tersebut.
            2.1.1 Mesin Diesel
Menurut tdwclub.com  (2011) “Mesin diesel adalah sejenis mesin pembakaran atau sebuah mesin pemicu kompresi, dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain (seperti busi)”. Menurut Daryanto (2002:2) “Beberapa komponen dalam mesin diesel adalah sama dibandingkan dengan mesin bensin” sedangkan menurut liektoyota.com (2012) “Mesin mobil diesel terdiri dari Swirl Chamber Type Engine dan Direct Injection Type Engine”. Beberapa komponen pada mesin diesel juga tidak terdapat pada mesin bensin.
            Swirl chamber type engine adalah tipe mesin diesel yang cara pemasukan bahan bakarnya secara cepat dan terurai oleh perputaran udara yang sangat kuat yang terjadi pada ruang bakar dan menimbulkan pengapian yang sangat singkat. Sedangkan direct injection type engine adalah salah satu tipe mesin diesel yang cara pemasukan bahan bakarnya dengan menyemprotkannya didalam nozzle ke dalam ruang bakar secara langsung.
2.2 Kekurangan dan kelebihan mesin bensin dan mesin diesel
            Setiap hal didunai ini pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan hal yang lain, tak terkecuali sebuah mesin bensin dan mesin diesel. Bila dibandingkan maka keduanya pastilah memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.
            2.2.1 Kekurangan dan kelebihan mesin bensin
            Mesin bensin memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan yang dapat menutupi kekurangan tersebut.
2.2.1.1 Kekurangan mesin bensin
:
1.      Tenaga atau torsi yang dihasilkan kurang besar.
2.      Kompresi pada mesin saat dinyalakan kurang begitu besar.
3.      Banyaknya komponen listrik pada mesin bensin dapat menyebabkan konsleting saat terkena air atau bahkan banjir.
4.      Bahan bakar bensin yang mudah terbakar sangat membahayakan apabila terjadi kebocoran selang bensin atau yang lainnya.
5.      Pada jenis-jenis kendaraan tertentu membutuhkan bahan bakar bensin yang mempunyai bilangan oktan tinggi (92), apabila digunakan pada bahan bakar bensin yang bilangan oktannya rendah maka akan bedampak pada performa mesin.
6.      Kadar gas beracun yang terdapat pada hasil pembakaran mesin bensin lebih berbahaya daripada mesin diesel.
2.2.1.2 Kelebihan mesin bensin :
1. Akselerasi mesin lebih cepat dan responsif.
2. Suara dan getaran mesin lebih halus.
3. Spesifikasi mesin yang mudah dimengerti dan difahami.
4. Biaya perawatan apabila terjadi kerusakan terbilang murah dibandingkan mesin diesel.
2.2.2 Mesin diesel
            Tidak hanya mesin bensin, mesin diesel juga mempunyai kekurangan dan kelebihan seperti mesin bensin.
2.2.2.1 Kekurangan mesin diesel :
1. Polusi udara atau emisi gas buang yang dihasilkan mesin tinggi namun tidak terlalu berbahaya seperti gas buang pada mesin bensin.
2. Biaya perawatan apabila terjadi kerusakan terbilang mahal.
3. Bila dibandingkan dengan mesin bensin, mesin diesel 2kali lebih besar namun performa lemot.
4. Akselerasi yang dihasilkan oleh mesin diesel kurang responsif.
5. mesin diesel saat beroprasi menghasilkan suara dan getaran yang berisik.
2.2.2.2 Kelebihan mesin diesel :
1. Efisiensi bahan bakar lebih irit dibandingkan mesin bensin.
2. Kompresi yang dihasilkan besar.
3. Lebih tahan terhadap air dan banjir karena komponennya minim elektronik.
4. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin diesel lebih besar dibandingkan mesin bensin.
5. Dengan tenaga yang besar maka mesin diesel lebih cocok untuk segala medan jalan.
2.3 Teknologi yang terdapat pada mesin bensin dan mesin diesel
1. Injection (injeksi)
            Menurut id.wikipedia.org (2012) “Injeksi bahan bakar adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar”.
            Teknologi injeksi lebih efisien dan bertenaga besar dibandingkan dengan teknologi karburator. Dikarenakan teknologi injeksi dapat mencampurkan bahan bakar dan zat pencampuran lainnya secara proporsional dan merata.
Mengacu pada pendapat id.wikipedia.org (2012) “ Sistem elektronik modern menggunakan banyak sensor untuk memonitor kondisi mesin, dan sebuah unit kontrol elektronik menghitung jumlah bahan bakar yang diperlukan” maka, tingkat efisiensi bahan bakar yang masuk pada ruang pembakaran dapat teratur dan seimbang, emisi gas buang yang dikeluarkan dapat lebih sedikit serta tenaga yang dihasilkan oleh mesin injection ini lebih besar.
Semua teknologi yang diterapkan pada mesin pastilah memiliki kekurangan dan kelebihan, tak terkecuali teknologi injection ini. Berikut adalah kekurangan dan kelebihan teknologi injection :
Kekurangan teknologi injection :
1.      Karena tergolong teknologi baru, maka tidak semua bengkel dapat memperbaikinya dan jumlah mekanik yang dapat menservisnyapun jumlahnya terbatas.
2.      Banyak komponen dari teknologi ini yang menggunakan listrik (elektronik), maka komponen tersebut sangatlah sensitif terhadap listrik.
3.      Semua komponen pada mesin injection dikontrol oleh engine control module yaitu sebuah modul yang mengontrol semua aktivitas mesin. Engine control modul ini sensitif sekali terhadap guncangan yang dapat menyebabkan mati atau bahkan kerusakan.
Kelebihan teknologi injection :
1.      Gas buang yang dihasilkan efisien, hal tersebut dapat lebih efisien lagi bila dibarengi dengan exaust (knalpot) yang ber-catalic converter.
2.      Bahan bakar yang lebih hemat karena pada teknologi injeksi ini semua aktivitas pemasukan udara dan bahan bakar pada engine dan perbandingannya dikontrol oleh suatu alat yang saling terhubung sehingga paduan antara bahan bakar dan udara bisa pas sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebut sangatlah berbeda dengan teknologi karburator.
3.      Karena teknologi injection ini segalanya diatur oleh modul maka pada saat servis yang perlu dilakukan hanyalah pembersihan pada filter udara, pembersihan busi dan pengatur valve atau klep serta pembersihan pada throttle body dan injector.
2. Common Rail Injection (Injeksi Rel Bersama)
Salah satu teknologi yang dapat diterapkan pada mesin diesel adalah injeksi rel bersama atau yang disebut dengan Common Rail Injection. Hampir sama dengan teknologi injection pada mesin bensin, common rail ini juga menggunakan sebuah Engine Control Module (ECM) untuk mengatur segala aktifitas yang terjadi pada mesin.
Menurut id.wikipedia.org (2012) “common-rail injection adalah salah satu metode injeksi bahan bakar ke dalam ruang bakar dengan sistem penghasil tekanan ditempatkan terpisah dari injektor itu sendiri”. Sedangkan menurut otoqita.blogspot.com (2012) “Mesin mobil dengan system injeksi bahan bakar solar yang menggunakan sistem injeksi Common Rail dimana bahan bakar solar pada mobil diesel ini dikontrol secara elektrikal”.
Sama halnya dengan injection pada mesin bensin, common rail injection juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kekurangan dan kelebihan common rail injection yang diterapkan pada mesin diesel :
Kelebihan Common Rail injection :
1.      Penggunaan bahan bakar pada mesin lebih efisien dan irit.
2.      Emisi gas buang yang dihasilkan lebih efisien.
3.      Pembakaran yang optimal pada semua rentang beban.
4.      Tenaga yang dihasilkan sama namun bahan bakar yang digunakan lebih sedikit.
Kekurangan Common Rail Injection :
1.      Karena terdapat banyak sensor-sensor elektrik maka mesin tidak akan tahan air dan akan mudah terjadi konsleting saat terkena air..
2.      Bahan material mesin harus kuat dan bagus untuk menahan tekanan yang besar.
3.      Tekanan kerja pada mesin sangat tinggi sehingga apabila terjadi kebocoran atau ketidak tepatan pemasangan maka akan menimbulkan ledakan besar yang berbahaya.

PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Mesin merupakan penggerak dari alat transportasi, tanpa mesin alat transportasi tersebut menjadi alat transportasi tradisional. Mesin sendiri dapat bergerak apabila ada suatu bahan bakar yang menyebabkan mesin itu bergerak.Bahan bakar dalam mesin ada berbagai macam bahan bakar yang dipergunakan salah satunya adalah minyak bumi atau minyak. Dalam bahan bakar minyak, ada 2 macam yang diterapkan dalam mobil yaitu bensin dan solar. Mesin yang menggunakan bahan bakar bensin disebut dengan mesin bensin dan mesin yang berbahan bakar solar disebut mesin diesel. Mesin bensin lebih memiliki akselesari dan kecepatan yang tinggi dibandingkan dengan mesin diesel namun dalam hal ketahanan dan efisiensi bahan bakar mesin bensin kurang kuat dan lebih boros. Mesin diesel lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar namun dalam responsifitas kecepatan mesin diesel kurang, hal tersebut berlawanan dengan mesin bensin. Jadi, bila ingin memiliki mesin yang memliki performa dan kecepatan yang bagus sebaiknya menggunakan mesin bensin, namun jika ingin melakukan pengiritan bahan bakar dan ketahanan mesin yang bagus maka pilihlah mesin diesel.
3.2  Saran
Tiada hal yang ada di dunia ini yang sempurna, kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT. Termasuk makalah ini, pastilah ada kesalahan atau kekurangan. Demi tertujunya makalah ini yang mendekati kesempurnaan penulis memerlukan kritik dan saran yang membangun yang bersifat positif yang bertujuan untuk memperbaiki makalah ini kedepannya. Apabila penulis ingin membuat makalah lagi maka dapat menggunakan kritik dan saran yang dibuat oleh pembaca untuk mengurangi kesalahan dan kekurangan dalam membuat makalah.

DAFTAR RUJUKAN
Daryanto, 2002.Pengetahuan Komponen Mobil,Jakarta:Bumi Aksara

Wikipedia.Mesin pembakaran dalam,(online), (http://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pembakaran_dalam), diakses pada 05 Oktober 2012

Otomotif Qita.Sistem Injeksi Bahan Bakar Solar D4D Common Rail,(online),          (http://tips-otoqita.blogspot.com/2012/08/d4d-sistem-bahan-bakar-mesin-diesel.html) , diakses pada 03 Desember 2012

Wikipedia.Injeksi Rel Bersama,(online),(http://id.wikipedia.org/wiki/Common_rail), diakses pada 03 Desember 2012

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Contoh Isi Makalah Sesuai Aturan PPKI UM
Ditulis oleh Charis Muhammad
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://charis7512.blogspot.com/2012/12/contoh-isi-makalah-sesuai-aturan-ppki-um.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by Cara Membuat Email | Copyright of Charis Blog.